Friday, August 12, 2016

Jadi Mahasiswa Lagi

Kemarin (11 Agustus), selesai daftar ulang, resmi jadi mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Hukum Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Jadi mahasiswa lagi... tak pernah terpikir sebelumnya. Setelah lulus dari Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang tahun 2006, saya tidak pernah berpikir untuk berkuliah lagi. Namun, beberapa tahun belakangan, ada beberapa hal yang mengusik saya. Hal-hal yang mengusik saya berhubungan dengan misteri, tindak kejahatan, juga ketidakadilan sosial.

Saya terusik dengan kematian Angeline, tewasnya Salim Kancil, kematian Mirna, dan beberapa peristiwa lainnya. Misteri-misteri itu tak hanya membuat saya membaca berita-berita tentang kejahatan dan kematian, tapi juga lebih banyak membaca cerita-cerita bertema besar misteri, seperti yang ditulis S. Mara Gd, Sir Arthur Conan Doyle, Robert Galbraith alias J.K. Rowling, Agatha Christie, juga John Grisham.

Dan bukan hanya membaca, saya pun menulis cerita-cerita dengan tema besar yang mirip. Melati dalam Kegelapan (2014), Tewasnya Gagak Hitam (2016), dan Neraka di Warung Kopi (2016) adalah karya-karya saya dari hasil perenungan terhadap kasus-kasus kejahatan yang saya baca atau renungkan. (Karya-karya saya bisa ditengok di situs SidikNugroho.Com.)

Akhir Agustus perkuliahan akan dimulai. Saya akan lebih banyak mendengar, belajar, juga berdiskusi tentang hukum. Blog ini dibuat untuk membagi catatan-catatan selama kuliah yang mungkin bisa jadi pembelajaran dan perenungan bersama, atau memantik diskusi lebih jauh.

No comments:

Post a Comment